Lakukan Pemeriksaan Berkala Kanker Serviks

Lakukan Pemeriksaan Berkala Kanker Serviks

Kanker servik atau kanker leher rahim, termasuk salah satu yang paling banyak menyerang wanita di Indonesia. Gejala permulaan kanker servik seringkali samar, sehingga banyak wanita kurang memperhatikan. Tidak jarang kanker ini baru dikenal pada stadium lanjut dan penanganan yang dikerjakan mungkin sudah terlambat.

Data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menampilkan bahwa kanker servik bersama dengan kanker payudara menempati posisi pertama dan kedua terbanyak dari keseluruhan kasus kanker. Kedua jenis kanker ini juga yakni dua jenis yang terbanyak menerima perawatan di rumah sakit sentra referensi kanker nasional.

Untuk mengenal kondisi rahim, pemeriksaan Pap smear secara terencana , penting untuk dikerjakan. Lazimnya dokter akan menganjurkan pemeriksaan ini dikerjakan rutin setiap 3 tahun sekali semenjak wanita menjelang umur 21 tahun. Bagi wanita berusia 30 tahun ke atas yang berkeinginan mengecek eksistensi HPV pada rahimnya bisa melakukan tes Pap smear setiap 5 tahun sekali.

Pada tes tersebut dokter akan mengambil sampel sel dari servik dan diperiksa apakah ada perubahan sifat sel leher rahim. Bila dicurigai adanya perubahan dari sifat sel servik, kemungkinan dokter akan minta tes lanjutan, seperti biopsi. Dokter akan mengambil contoh jaringan dari servik untuk mencari kemungkinan kondisi prakanker atau sel kanker pada servik.

Selain pemeriksaan Pap smear, vaksinasi HPV juga bisa dikerjakan sebagai upaya mencegah kanker servik. Vaksinasi ini bisa diberikan untuk umur 9-26 tahun. Cara ini cuma efektif dikerjakan pada orang yang belum pernah terinfeksi virus ini. Bila berkeinginan melakukan vaksinasi ini, sebaiknya dikerjakan sebelum aktif melakukan relasi seksual.

Observasi dengan akurat perubahan yang terjadi pada organ reproduksi Anda. Lakukan pemeriksaan secara terencana untuk mengenal kondisi kesehatannya. Bila Anda mengalami gejala yang tak umum, langsung konsultasikan dengan dokter untuk menetapkan apakah ini gejala permulaan kanker servik atau penyakit lain.

Leave a Reply

Close Menu