Kram Perut yang Perlu Diwaspadai

Kram Perut yang Perlu Diwaspadai

Sebagian ibu hamil pernah mengalami kram perut. Kram perut ketika hamil sebenarnya tergolong normal. Akan tapi, kram perut ketika hamil bila ditiru gejala-gejala lain, mesti diwaspadai karena bisa berbahaya kandungan.

Seiring dengan perkembangan janin dan rahim yang membesar, terjadi beragam perubahan pada tubuh ibu hamil, salah satunya adalah kram perut. Banyak ibu yang khawatir kram perut ketika hamil mengindikasikan kondisi berbahaya seperti keguguran, walaupun kram perut ketika hamil ini wajar terjadi.

Walau umumnya tak menandakan adanya kondisi yang berbahaya, bukan berarti kram perut ketika hamil mesti senantiasa dianggap remeh. Sebagian gejala yang mengiringi kram perut sebaiknya diwaspadai, seperti rasa sakit ketika membuang air kecil, kram perut terasa benar-benar berat dan tak menghilang, keluar cairan, flek atau darah dari organ intim wanita, muntah, demam, serta menggigil. Kram perut disertai petunjuk-petunjuk hal yang demikian adalah kondisi yang perlu secepatnya mendapat pemeriksaan dan penanganan dari dokter.

Rasa sakit pada perut ketika hamil juga mungkin saja tak terkait dengan kehamilan. Umpamanya kram perut ketika hamil karena batu ginjal, kista ovarium, radang usus buntu, ataupun infeksi saluran kemih. Bila kram perut ketika hamil diiringi gejala yang tak biasa atau berat, langsung konsultasikan ke dokter kandungan atau mintalah pertolongan medis terdekat.

Leave a Reply

Close Menu